Kamis, 16 Mei 2013

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia dan Alat Pemuas Kebutuhan


Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan Primer:

Kebutuhan Primer adalah jenis kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Contoh kebutuhan primer bagi manusia adalah makanan, baju, rumah, pendidikan dan kesehatan.

Kebutuhan sekunder:

Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah memenuhi kebutuhan primernya. Kebutuhan sekunder disebut juga kebutuhan pelengkap. Kebutuhan sekunder dipenuhi untuk melengkapi kebutuhan primer. Contoh kebutuhan sekunder adalah jam tangan, radio, televisi dan perabot rumah tangga.

Kebutuhan tersier:

Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan akan barang mewah yang tingkatnya lebih tinggi dari kebutuhan primer dan sekunder. Pada zaman sekarang ini, kita sulit membedakan antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pengelompokan sangat bergantung pada kondisi ekonomi suatu rumah tangga dan wilayahnya. Pada rumah tangga dengan kondisi ekonomi termasuk golongan menengah, kendaraan bermotor seperti mobil merupakan kebutuhan tersier, tetapi pada rumah tangga dengan ekonomi termasuk golongan tinggi, mobil merupakan kebutuhan sekunder bahkan primer. Di lingkungan pedesaan, televisi merupakan kebutuhan tersier tetapi di daerah perkotaan televisi bisa menjadi kebutuhan sekunder.

Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmani.

Kebutuhan jasmani:

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh fisik manusia agar dapat hidup secara layak dan baik. Contoh kebutuhan jasmani, antara lain kebutuhan makanan dan minuman, pakaian, alat-alat olah raga untuk menunjang kesehatan raga atau badan, dan sebagainya.

Kebutuhan rohani:

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jiwa manusia. Apabila kebutuhan rohani manusia terpenuhi, maka manusia akan merasa senang, aman, tenteram, dan terhibur. Contoh kebutuhan rohani, antara lain kebutuhan akan perhatian dari orang tua, rekreasi di tempat wisata, menjalankan ajaran agama dengan baik, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.

Kebutuhan sekarang:

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini atau tidak dapat ditunda, misalnya kebutuhan akan makanan saat lapar dan obat saat sedang sakit.

Kebutuhan yang akan datang:

Kebutuhan ini lebih mengarah pada persiapan-persiapan guna menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun dapat ditunda, kebutuhan ini termasuk hal yang penting, sebab dengan memenuhi kebutuhan ini manusia akan mempunyai jaminan bagi hidupnya di masa yang akan datang. Misalnya menabung di bank, asuransi, dan tabungan hari tua bagi orang yang akan pensiun.

Jenis-Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjek yang membutuhkannya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan individual dan kebutuhan kelompok.

Kebutuhan individual:

Kebutuhan ini berhubungan langsung atau diperuntukkan bagi perseorangan. Manusia sebagai makhluk pribadi, mempunyai kepentingan atau kebutuhannya yang berbeda-beda. Kebutuhan setiap individu berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh keinginan, hobi, jenis pekerjaan, status sosial, atau pendidikan. Misalnya kebutuhan akan buku bagi seorang pelajar dan kebutuhan akan perahu dan jala bagi seorang nelayan, kebutuhan akan peralatan olahraga bagi orang yang suka berolahraga.

Kebutuhan kelompok:

Kebutuhan yang dimanfaatkan atau dirasakan secara bersama-sama dalam masyarakat disebut kebutuhan kelompok. Kebutuhan kolektif merupakan kebutuhan yang erat hubungannya dengan kesejahteraan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kemakmuran masyarakat. Contoh kebutuhan kelompok adalah kebutuhan adanya pasar, jalan, jembatan, listrik dan rumah sakit.

ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

Alat pemuas kebutuhan dibagi dua berdasarkan wujudnya, yaitu:

Jasa → Jasa merupakan segala sesuatu yang tidak berwujud dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, jasa dokter, jasa guru, jasa tukan jahit dan jasa tukang cukur.

Barang → Barang merupakan segala sesuatu yang berwujud dan dapat digunakan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, nasi, roti, baju, buku dan pensil.

Barang dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Berdasarkan Pengorbanannya

Barang Bebas → Barang yang tersedia dalam jumlah tidak terbatas sehingga siapa saja dapat memperolehnya tanpa harus mengorbankan sesuatu. Misalnya, udara, sinar matahari dan pasir di padang pasir.

Barang Ekonomi → Barang yang tersedia dalam jumlah terbatas, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misalnya, sepatu, pakaian dan buku.

Berdasarkan Hubungannya dengan Barang Lain

Barang Substitusi → Barang yang penggunaannya dapat menggantikan barang lain. Misalnya, ubi dapat menggantikan beras dan minyak dapat menggantikan kayu bakar.

Barang Komplementer → barang yang akan memberi manfaat lebih banyak jika digabungkan penggunaannya dengan barang lain. Misalnya, kaos kaki digabung dengan sepatu, teh dengan gula serta air panas dan bensin dengan motor.

Berdasarkan Kedudukannya dalam Proses Produksi

Barang Setengah Jadi → barang yang masih harus melalui proses produksi agar dapat dikonsumsi. Misalnya, untuk dapat dikonsumsi kerupuk harus digoreng terlebih dahulu.

Barang Jadi → barang yang sudah melalui tahap akhir dalam proses produksi dan siap untuk dikonsumsi. Misalnya, baju, sepeda, motor, roti, televisi dan radio.

Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Barang Konsumsi → barang yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, makanan dan minuman yang siap dikonsumsi.

Barang Produksi → barang yang digunakan untuk menghasilkan produk lebih lanjut. Misalnya, kain, kayu, bahan baku dan mesin.

Berdasarkan Kegunaannya untuk Jaminan Kredit

Barang Bergerak → Barang yang digunakan sebagai jaminan pinjaman jangka pendek. Misalnya, sepeda motor, perhiasan, televisi dan komputer.

Barang Tidak Bergerak → Barang yang biasanya digunakan untuk jaminan mendapat pinjaman jangka panjang. Misalnya, tanah, gedung, pabrik dan rumah
 
Sumber : http://edita80.wordpress.com/2012/09/29/jenis-jenis-kebutuhan-manusia-dan-alat-pemuas-kebutuhan/

Tidak ada komentar: