Kamis, 24 Mei 2012

Cara Menghilangkan Malas









Sebelum melangkah lebih jauh tentanng tips menghilangkan rasa malas saya selaku pemosting Blog
 ediexplore.blogspot.com saya pernah membaca buku pada zaman SD yaitu " Orang Malas Takkan Juara Kelas" dan juga orang yang malas tidak akan sukses. Itu sudah pasti dan terbukti. Tapi anehnya masih banyak orang yang malas melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Padahal sukses tidak akan datang sendiri. Orang malas lebih suka bersenang-senang dan berharap suatu saat nanti bisa menjadi orang sukses.
Malas jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan. Bahkan malas bisa menjadi bagian dari kepribadian seseorang bila sudah tak terpisahkan dalam keseharian seseorang. Ibarat virus penyakit, malas itu harus dicegah sejak awal. Jangan sampai masuk ke dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lemah tak mau berbuat apa-apa. Virus malas ini juga bisa menular dan menyebar jadi kita harus memasang Anti virus namanya Anti Malas dan kalau sudah di pasang tentunya kita Scan virus virus malas itu : Virus malas ini sangat berbahaya kalau bersarang, namun penulis blog ediexplore.blogspot.com ingin memberikan contoh virus-virus itu diantaranya : virus malas,Virus Iri,Virus sombong dan masih banyak lagi virus yang lainnya . Berhati-hatilah.
Ada beberapa cara menghilangkan malas diantaranya yaitu:
1. Punya Buku Impian
Jika anda punya buku impian yang berisi semua apa yang anda inginkan dalam hidup ini, tak akan ada lagi rasa malas. Keinginan kita pasti banyak dan itu sangat manusiawi. Tak ada waktu untuk bermalas-malasan jika ingin mendapatkan semua keinginan. Biasanya orang malas itu karena tidak tahu apa yang dia inginkan dengan jelas.
Taruhlah buku impian di tempat yang memudahkan anda melihat. Seringlah melihat-lihat isi buku impian dan yakinlah itu semua bisa diwujudkan. Asal kita mau berusaha dan tidak malas bekerja.
2. Pasang Gambar atau Foto Motivasi
Buatlah gambar atau foto apa yang anda inginkan di masa depan. Misalnya anda ingin berhasil kuliah di dan lulus tepat waktu. Anda bisa membuat rekayasa foto anda sedang diwisuda didampingi oleh orangtua tercinta. Beri tulisan tahun berapa anda ingin diwisuda.
Bila anda ingin punya mobil atau rumah, carilah gambar mobil dan rumah idaman dari majalah, koran atau internet. Pasanglah gambar tersebut di tempat strategis yang sering anda lihat. Bisa di kamar, meja kerja atau dijadikan wall paper di handphone dan komputer anda.
Foto dan gambar itu akan memberi anda motivasi untuk terus berbuat dan menghilangkan malas.
3. Kata-kata motivasi
Kumpulkan kata-kata motivasi yang anda suka. Tulis atau ketiklah kata-kata tersebut di selembar kertas atau di layar hape/komputer. Jika rasa malas menyerang, segera bacalah kata-kata motivasi itu. Ibarat tetesan air hujan di padang gersang, kata-kata motivasi akan menyirami hati yang sedang terkulai. Menyegarkan dan membangkitkan semangat untuk berbuat.
4. Dengarkan lagu positif
Jangan sembarangan memilih lagu, pilihlah lagu yang positif. Lagu positif adalah lagu yang bisa menghibur hati dan memotivasi. Bukan lagu sedih dan cengeng yang menyayat hati. Membuat hati sedih dan pesimis. Seakan hidup tak berarti. Lagu yang anda dengar akan sangat berpengaruh terhadap mood. Pilih lagu yang bersemangat dan mengajak kita untuk berbuat yang terbaik.
5. Nonton film inspiratif
Tontonan bisa menjadi tuntunan termasuk film. Pilih film bermutu yang kisahnya bisa menginspirasi. Misalnya film pursuit of happiness  yang dibintangi oleh Will Smith sangat bagus untuk jadi inspirasi kita semua. Film itu menceritakan kisah seorang pemuda yang berusaha untuk menjadi suami dan ayah yang baik. Meskipun hidup miskin dan pekerjaan yang tak pasti.
Pemuda itu terus berusaha mencari pekerjaan yang lebih baik untuk menghidupi anak dan istrinya. Kisahnya semakin seru ketika dia diusir dari rumah kontrakan karena tidak bisa membayar sewa dan istrinya pun pergi meninggalkan mereka. Dia dan anaknya tinggal di rumah penampungan bahkan pernah tidur di toilet umum karena tak ada tempat lagi untuk bermalam. Dengan perjuangan dan kerja kerasnya akhirnya pemuda itu bisa menjadi orang sukses. Kisah dalam film ini adalah kisah nyata. Benar-benar film yang bisa memberi inspirasi untuk berjuang tanpa henti.
6. Baca buku atau novel pembakar semangat
Semangat kita bisa dibangkitkan ketika terpuruk dengan membaca buku atau novel yang memotivasi diri. Novel semacam laskar pelangi dan negeri lima menara wajib anda baca. Begitu juga dengan buku motivasi yang begitu banyak jumlahnya. Bacalah secara rutin buku-buku jenis ini. Jika tidak bisa membeli bisa anda pinjam di teman atau perpustakaan. Membaca buku ini akan mengusir rasa malas dan membakar semangat anda.
7. Bergaul dengan orang-orang yang rajin
Malas itu virus yang bisa menular dan menyebar dengan cepat. Jika anda bergaul dengan orang malas, kemungkinan besar anda akan terpengaruh untuk menjadi malas. Begitu juga sebaliknya, jika teman-teman di sekitar anda orang yang rajin maka anda akan ikut-ikutan rajin. So, pilihlah teman yang bisa memberi kita semangat bukan yang membuat kita malas berbuat.
Ingatlah, sukses tidak akan bisa diraih jika kita masih malas.

8.dan tentunya tips pemungkas terakhir adalah memaksa diri kita untuk melakukan sesuatu yang seharusnya kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: